4 Alasan Mengapa Melarang #2019GANTIPRESIDEN Pelanggaran Hukum

wp-1525649617503..jpg4 Alasan Mengapa Melarang #2019GANTIPRESIDEN Pelanggaran Hukum

Tampaknya kaos bertagar #2019gantipresiden membanjiri kota kota besar di Indonesia belakangan sangat baik untuk dicermati sebagai pembelajaran politik baik bagi rakyat atau bagi elit penguasa.  Tampaknya panasnya tahun politik ini apapun yang mengancam penguasa atau oposisi dalam perebutan kekuasaan selalu ada upaya penenggelaman yang sistemik dan sistematis. Sistematik dan sitemik karena minggu ini ada upaya pelarangan secara serentak kaos berhastag itu masuk CFD. Bukan hanya gerakan rakyat kaos berhastag, tetapi Pengajian Politik Di Masjidpun juga secara sistemik ditenggelamkan dengan alasan politisasi. Benarkah melarang #2019GANTIPRESIDEN melanggar hukum

Alasan Mengapa Melarang #2019GANTIPRESIDEN Pelanggaran Hukum

  1. Melarang #2019GantiPresden melanggar hukum dan undang undang. Secara arti semantik katanya memang tahun 2019 harus ganti presiden adalah prosesi ketatanegeraan yang normal dan harus dilakukan rakyat dan negara. Kalau menggugat dan melarang #2019gantipresiden maka justru merupakan perbuatan kriminal cukup serius, karena dianggap melawan kekuasaan dan undang undang. Melawan gerakan mengganti presiden tahun 2019 berarti menghalang halangi KPU untuk menyelenggarakan Pemilu Pilpres. Karena, tahun 2019 presiden memang harus diganti secara konstitusional melalui pilpres.  Undang-undang No.23 Tahun 2003 tentang Pemilihan Umum Presiden dan Wakil Presiden. Pemilu Presiden dan Wakil Presiden secara langsung oleh rakyat akan memberikan legitimasi yang kuat kepada Presiden dan Wakil Presiden terpilih dalam menjalankan fungsi-fungsi kekuasaan pemerintahan negara. Jadi tahun 2019 adalah amanat undang udang untuk mengganti presiden dalam 5 tahun sekali. Jadi #2019GANTIPRESIDEN hanyalah slogan untuk tahun 2019 KPU diamanatkan undang undang untuk menyelenggarakan Pilpres untuk mengganti masa jabatan presiden yang akan habis 5 tahun sekali.

  2. Kebebasan berpendapat telah di atur dalam Undang undang dasar Pasal 28 UUD 1945“Kemerdekaan berserikat dan berkumpul, mengeluarkan pikiran dengan lisan atau tulisan, dan sebagainya ditetapkan dengan undang – undang.” selain itu kebebasan berpendapat di atur dalam UNDANG-UNDANG REPUBLIK INDONESIA NOMOR 9 TAHUN 1998 TENTANG KEMERDEKAAN MENYAMPAIKAN PENDAPAT DI MUKA UMUM. pasal i menyebutkan Kemerdekaanmenyampaikan pendapat adalah hak setiap warga negara untuk menyampaikan pikirandengan lisan, tulisan, dan sebagainya secara bebas dan bertanggung jawab sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku. Di mukaumum adalah di hadapan orang banyak, atau orang lain termasuk juga di tempatyang dapat didatangi dan atau dilihat setiap orang. Unjukrasa atau demontrasi adalah kegiatan yang dilakukan seorang atau lebih untuk mengeluarkan pikiran dengan lisan, tulisan, dan sebagainya secara demonstratifdi muka umum.

  3. Kaos bertagar #2019gantipresiden tidak melanggar Pergub Dalam CFD. Kaos bertagar #2019gantipresiden bukan kampanye, tidak orasi, tidak menghasut dan bukan kegiatan parpol sehingga tidak melanggar pergub saat masuk CFD.  Pergub Nomor 12 Tahun 2012 memang melarang kegiatan Car Free Day (CFD) di kawasan Sudirman-Thamrin, Jakarta Pusat, pada Minggu . Larangan mengenai kegiatan politik di CFD tersebut tertuang dalam Peraturan Gubernur Provinsi DKI Jakarta Nomor 12 Tahun 2016, tentang Pelaksanaan Hari Bebas Kendaraan Bermotor (KBKB).  Pergub tersebut merupakan penyempurnaan dari Peraturan Gubernur Nomor 119 Tahun 2012, mengenai Hari Bebas Kendaraan Bermotor. Pasal 7 ayat (1) Pergub Nomor 12 Tahun 2016, ayat (1) Sepanjang jalur HBKB hanya dapat dimanfaatkan untuk kegiatan yang bertema lingkungan hidup, olahraga, dan seni dan budaya”. Pasal (2) disebut “HBKB tidak boleh dimanfaatkan untuk kepentingan partai politik dan SARA serta orasi ajakan yang bersifat menghasut.  Bila mencermati Pergub itu memang orang berkaos di atas tidak salah bila hanya masuk sekedar mengambil mobil di parkiran atau hanya sekedar berjalan di CFD. Melihat undang undang itu selama masyarakat hanya memakai kaos bertagar seharusnya tidak dilarang selama bukan kepentingan partai politik, tidak berkampanye, tidak orasi, tidak menyebut nama parpol, tidak menyebut nama capres, tidak meneriakkan yel yel. Apalagi tidak ada makna ajakan atau hasutan karena ganti presiden tahun 2019 adalah amanat Undang Undang. Bukannya aspirasi untuk melakukan kebebasan berpendapat di atur dalam undang dasar, apalagi hanya sekedar kaos berhastag ganti presiden 2019. Yang memang secara konstitusional presiden harus diganti tahun 2019. Apakah kalau kaos bertulis 2019gantiketua DPR dilarang masuk CFD padahal tahun 2019 memang ketua DPR harus diganti. Kalau kaos itu dilarang maka kampanye untuk mensukseskan pemilu harus dilarang atau jangan Golput harus dilarang di CFD ? Karena mensukseskan Pemilu dan jangan Golput adalah substansi yang sama bahwa 2019 harus ganti presiden melalui Pilpres. Justru yang harus dilarang dalam CFD adalah #2019tetapjokowi, karena bermuatan kampanye mengajak orang memilih Jokowi.

  4. Pemakaian kaos bertagar #2019gantipresiden, penjualan kaos dan sejenisnya tidak ada aturan dan hukum yang melanggarnya.  Padahal KPU dan Baswalu sudah menyatakan bahwa kaos berhastag ini bukan pelanggaran dan bukan bentuk kampanye. Kaos ini bukan kampanye dan aktifitas politik hanya berupa aspirasi politik pribadi yang digambarkan lewat kaos. Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri, Brigadir Jenderal Mohammad Iqbal seperti dilansir CNN (24/4/18) juga mengungkapkan hal yang sama bahwa pihaknya tidak pernah melarang masyarakat untuk menggunakan atribut bertulisan #2019GantiPresiden. Kecuali kalau sudah menyebut nama capres, nama parpol atau mengungkapkan visi dan misi. Justru sebenarnya tagar 2019tetapjokowi adalah bentuk kampanye karena menyebutkan nama Capres. Sehingga tagar itu tidak dipakai lagi oleh pihak tertentu sehingga diganti #diasibukkerja atau #dilan_jutkan.

wp-1525650379735..jpg

1525648645409.jpgwp-1525654794896..jpgwp-1525648950879..jpgwp-1525648045285..jpgwp-1525648353009..jpg

 

 

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s