Survei Roda Tiga: Lebih Banyak yang Setuju #2019GantiPresiden

Survei Roda Tiga: Lebih Banyak yang Setuju #2019GantiPresiden

Ilustrasi #2019GantiPresiden (Arief Ikhsanudin/detikcom)
Jakarta – Roda Tiga Konsultan merilis hasil survei terhadap gerakan #2019GantiPresiden. Hasilnya, mayoritas responden setuju dengan gerakan ganti presiden.

Survei dilakukan pada 21 April-2 Mei 2018 di 34 provinsi. Survei dilakukan kepada 1.610 responden. Survei dilakukan dengan stratified systemic metode multistage random sampling. Margin of error dari survei kurang lebih 2,5%.

Simulasi dilakukan dengan mengajukan pertanyaan kepada responden, “Akhir-akhir ini ada gerakan yang menginginkan ‘Ganti Presiden 2019’, apakah bapak/ibu setuju atau tidak setuju dengan gerakan tersebut?”

“Yang menyatakan setuju ganti presiden 38,3%. Yang tidak setuju 36,8%. Artinya peluang Jokowi untuk menang masih 50:50. Tergantung kemampuan Jokowi dalam menyelesaikan permasalahan utama yakni ekonomi,” ujar Direktur Riset Roda Tiga Konsultan, Rikola Fedri, dalam paparannya, di Cafe Mandailing, Fatmawati, Jakarta Selatan, Kamis (24/5/2018).

Umumnya, yang menyatakan setuju dengan gerakan ganti presiden 2019 merupakan responden dari partai oposisi, yakni Gerindra dan PKS. Namun, kata Fedri, ada juga responden yang berasal dari partai pendukung.

“Dari partai pendukung, responsen PDIP, 67,4% tidak setuju, PKB 42,0% tidak setuju, Golkar 42,6% setuju, NasDem 45,9% tidak setuju, PPP 43,2% setuju, PAN 65,4% setuju dan Hanura 50,0% tidak setuju. Sementara dari partai oposisi, responden dari Gerindra, 82,4% nya setuju dengan gerakan ganti presiden, PKS 66,7% setuju,” paparnya.

“Sementara dari partai lainnya, ada Demokrat dengan 59,5% setuju. Jadi arahannya Demokrat mungkin lebih ke oposisi. PBB 80% setuju, PKPI 50% tidak setuju, Perindo imbang, PSI 100% tidak setuju,” lanjut Fedri.

Hadir dalam acara ini sebagai narasumber Politikus PDIP Eva K Sundari, Wasekjen Partai Demokrat Rachlan Nashidik, Poskapol UI Aditya Perdana. Sementara Waketum Gerindra Ferry Juliantono yang juga dijadwalkan menjadi narasumber belum hadir.

Sumber: detiks

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s