SBY Angkat 1 Juta Honerer Jadi PNS, JOKOWI Tidak Pernah

Dalam rapat kerja gabungan antara DPR dengan pemerintah, Senin (4/6), terkait penyelesaian status tenaga honorer K-2, terungkap selama era pemerintahan Presiden Jokowi belum ada honorer yang diangkat sebagai pegawai negeri sipil. Hal itu terungkap saat Deputi SDM Aparatur, Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB), Setiawan Wangsaatmadja mengatakan bahwa sejak 2005 hingga 2014 sudah 1 juta lebih tenaga honorer yang diangkat pemerintah. Keterangan Setiawan tersebut langsung ditanggapi oleh anggota Komisi I DPR, Syarief Hasan, yang mengatakan di era Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) telah diangkat 1 juta lebih tenaga honorer menjadi PNS. Menurut pria yang juga politisi Demokrat ini, sebaliknya di era Presiden Jokowi belum ada honorer yang diangkat. “Apakah sudah ada honorer K2 yang diangkat di era Jokowi?” tanya Syarief dalam raker gabungan tersebut. “Belummmmm,” jawab tenaga honorer yang hadir dalam rapat gabungan tersebut dengan kompak.

Akibat kejadian tersebut, rapat kerja sempat berlangsung riuh karena adanya keberatan dari anggota DPR dari Fraksi Golkar, Mukhamad Misbakhun atas pernyataan Syarief tersebut.

Namun, raker akhirnya mencapai kesepakatan untuk mendesak pemerintah menyelesaikan status tenaga honorer K-2 yang belum lulus tes sebanyak 438.590 orang, sesuai dengan ketentuan yang berlaku. “Kesimpulan pertama Rapat Kerja Gabungan, pemerintah akan menyelesaikan status tenaga honorer K2 yg belum lulus tes sebanyak 438.590 orang sesuai dengan ketentuan yang berlaku,” kata Wakil Ketua DPR RI Utut Adianto usai rapat kerja gabungan, di Kompleks Parlemen, Jakarta, Senin (4/6).

Kedua, menurut dia, DPR dan pemerintah sepakat akan melakukan rapat merja gabungan lanjutan pada Senin (23/7) dengan agenda Tahapan Penyelesaikan Tenaga Honorer K-2 dan akan mengundang juga Menteri Pertanian, Menteri Kelautan dan Perikanan dan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

Untuk diketahui, Honorer K-2 adalah golongan honorer yang diangkat pada tahun 2012, dimana pada masa itu tersisa sebanyak 438.590 orang yang tidak lulus test untuk diangkat sebagai PNS.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s