Jelang Lebaran Daging Sapi 150 Ribu, Jokowi Janjikan Akan Jungkir Balikkan Harga Jelang Lebaran 75 Ribu.

Dua hari lagi menjelang Hari Raya Idul Fitri atau Lebaran. Menjelang Lebaran, biasanya harga sejumlah bahan pangan mengalami kenaikan. Hal ini terlihat dari harga daging sapi yang melonjak hingga Rp 150.000 per kilogram (kg). Harga ini naik dibandingkan biasanya di level Rp 120.000 per kg. “Naik dari Rp 120.000 per kg jadi Rp 140.000 per kg sampai Rp 150.000 per kg,” kata salah satu pedagang di Pasar Gondangdia, Madin swperyi dilansir detikFinance di lapaknya, Jakarta Pusat, Rabu (13/6/2018). Sebelumnya Jokowi pernah berjani dengan mengatakan akan berjanji untuk membalikkan harga harga melangit menjelang hari raya. Demikian oula Jokowi pernah berjanji akan membuatnharga daging sapi 75 ribu per kg. Tampaknya janji Jokowi seperti jani yang lainnya meleset dan sulit ditepati

Lebih lanjut, Madin menjelaskan kenaikan tersebut telah berlangsung sejak kemarin. Namun ia tidak mengetahui penyebabnya.”Dari kemarin sudah naik. Nggak tahu, dari pusatnya gitu (mahal),” jelasnya. Sementara itu, Kementerian Pertanian mengklaim pasokan daging sapi periode Mei-Juni aman. Pasalnya pihaknya telah memiliki daging sapi yang surplus sebanyak 7.034 ton.

Dua hari menjelang Lebaran, daging sapi dan ayam di pasar tradisional di Majalengka melonjak naik. Untuk menghindari kenaikan yang lebih tinggi, banyak konsumen membeli lebih awal, Rabu 13 Juni 2018. Harga daging sapi selepas pukul 10.00 WIB harga kembali mengalami kenaikan hingga mencapai 145.000 per kg. Kondisi serupa terjadi pula pada harga daging ayam kampung dan ayam sayur. Harga daging ayam kampung yang biasanya Rp 60.000 per kg tiba-tiba meroket mencapai Rp 95.000 per kg. Sedangkan harga daging ayam sayur yang semula hanya Rp 38.000 per kg naik menjadi Rp 50.000 per kg. Kenaikan harga yang cukup tinggi ini diduga akibat permintaan konsumen yang tinggi.

Jokowi Janjikan Jungkir Balikkan Harga Saat lebaran
Presiden Joko Widodo (Jokowi) berjani ingin harga pangan turun pada periode hari raya Idul Fitri tahun ini. Dia berharap, lebaran kali ini bisa menjadi cerita berbeda dibandingkan dengan periode lebaran di tahun-tahun sebelumnya. “Jadi hal-hal yang sudah menjadi rutinitas ke kita dari tahun-tahun setiap lebaran naik, tahun ini coba kita jungkir balikkan menjadi harganya turun,” ungkap Jokowi saat membuka rapat kabinet terbatas di Istana Negara, Jakarta, seperti yang dilansir detik.com Selasa (26/4/2016).
Presiden Joko Widodo memerintahkan sejumlah menteri agar segera berupaya menurunkan harga daging sapi menjelang Lebaran. Dia mematok harga daging sapi harus turun hingga di bawah Rp 80 ribu per kilogram sebelum Lebaran tiba.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s