Mengapa TGB Dukung Jokowi ?

Saat ini dihebohkan TGB tidak ada angin tidak ada hujan mendadak mendukung JOKOWI. padahal selama ini terkesan bahwa TGB berdiri pada pihak yang berseberangan dengan Jokowi. Bahkan selama ini hanya TGBlah yang berani mengkritik Jokowi saat melakukan kunjungan ke NTB. Bahkan TGB adalah satu satunya Gubernur yang berani terang terangan ikut turun jalan mendukung aksi bela Islam 212. Banyak spekulasi berkembang apa penyebab mendadak TGB mendukung Jokowi. Banyak pengamat mengungkapkan karena strategi TGB untuk meraih politik mencari dukungan jabatan wacapres. Tetapi banyak yang juga percaya TGB mendadak dukung Jokowi karena belakangan diincar KPK karena dugaan kasus korupsi 3,2 Trilyun. Tapi hal trakhir itu segera dibantah TGB.

Memang berbagai spekulasi banyak berkembang mengapa mendadak TGB mendukung Jokowi. Tetapi banyak pengamat percaya alasan utama yang rasional bisa menjelaskan hal itu tampak masalah kasus hukum yang mengintai TGB. TGB dianggap pengamat sebagai ahli strategi politik. Fenomena banyak tokoh seperti HTS yang awalnya berseberangan dengan Jokowi mendadak mendukung Jokowi setelah terkena kasus hukum tampaknya menjadi inspirasi TGB? Strategi itu secara pilitik mungkin saja tidak disalahkan karena buktinya sampai saat ini HTSpun tanpa ada kabar berita kasus hukumnya seperti tenggelam di telan bumi. Tampaknya ada kekuatan besar yang mempermainkan hukum untuk menyandera HTS di bidang politik.

Pertimbangan politik TGB mendukung Jokowi menjurus ke masalah di luar politik karena sampai saat ini tidak ada satu partaipun dari pihak parpol pendukung Jokowi yang mendukungnya sebagai cawapresmJokowi. Apabila sampai detik akhir TGB memang tidak dicalonkan sebagai capwapres Jokowi maka alasan keterkaitan hukum itu tampaknya menjadi alasan yang palungbtasionalmdianggapmsebagai penyebab mengapa TGB mendukung Jokowi.

Tetapi tampaknya umat muslim yang sebelumnya pendukung TGB pasti akan kecewa dan akan menarik dukungan pada TGB. Hal inipun langsung dilakukan pencoretan nama TGB sebagai salah satu kandidat cawapres dari PA 212. Tampaknya hal ini jadi pelajaran bagi tokoh Islam lainnya. Sehebat apapun tokoh juslim itu saat mendukung Jokowi maka akan langsung diputus hubungan dukungan oleh umat muslim tersebut. Hal ini menunjukkan tingkat resistensi umat muslim terhadap Jokowi demikian besar. Sehingga sehebat apapun tokoh tersebut saat mendukung Jokowi maka langsung akan ditolak. Bahkan banyak umat muslim yang mengatakan bahwa bapaknyapun kalau menjadi cawapres Jokowi, tidak akan mendukung orangtuanya.

Penolakan umat pada Jokowi dan para pendukungnya bukan karena umat benci dan anti Jokowi. Tetapi fakta dan bukti banyak menunjukkan bahwa jokowi dianggap tidak berkeadilan baik secara hukum, ekonomi dan sosial terhadap umat muslim. Berbagainkasus kriminalisasi ulama, ketidak adilan hukum pada ulaja dan umat, ketidak adilan ekonomi kerakyatan umat adalah alasan umat muslim menjauh dari Jokowi. Hal ini yang membuat jarak umat muslim dengan Jokowi demikian lebar. Bahkan dengan upaya apapun seperti politisasi agama yang dilakukan Jokowi seperti sering mengundang ulama dan tokoh agama, sering mengunjungi masjid dan pesantren ternyata tidak banyak membantu. Bahkan upaya pendukungnya yang berlebihan untuk mendekatkan Jomowi dengan umat adalah dengan menyamakan Jokowi dengan Umar Bin Khatab, Nabi Yusuf atau tokoh legendafis Islam lainnya justru malah mendapat cemoohan hebat dati umat. Demikian upaya Jokowindengan membuat foto selfi shalat sendirk di masjid, menjadi imam shalat, memakai jubah seperti Diponegoro atau dengan politisasinagama lainnya juga tidak banyak membantu bahkan jadi bahan gunjingan.

Demikian juga penolakan TGB yang dianggap ulama dan hafidz Qutan itu menjadi hilang sekejap kharismanya saat mendukung Jokowi. Tidak salah dengan sikap utu dan itu merupakan hak politik setiap umat muslim. Tetapi penolakan terhadap TGB sebaiknya tidak dilajukan dengan oenghinaannatau kata kasar terhadap ulama tersebut.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s