KH Maruf Amin, Cawapres Yang Ada Di Kantong Jokowi

Mendekati pengumuman pengajuan calon wapres dan wapres dalam beberapa minggu ke depan gonjang ganjing politik semakin kencang terdengar. Nama Jokowi dan Parabowo tampaknya tidak tergoyahkan. Bursa cawapres tampaknya paling kuat diperdebatkan. Jokowipun mengaku telah mendapatkan nama cawapres dalam kantongnya. Tinggal menunggu waktu pengumuman waktu yang tepat. Beberapa nama masih menjadi misteri, tetapi tampaknya suara yang mempresentasikan suara muslim akan menjadi pilihan utama, karena Jokowi selama ini dianghap menjauh dari umat muslim. Dari berbagai kandidat cawapres Jokowi dari kalangan muslim tampaknya KH Mahruf Amin atau mungkin Kofifah Indar Parawangsa yang menjadi pilihan uatama. Melihat sepak terjang KH Maruf Amin belakangan ini yang sering wira wiri dengan Jojowi. Juga seringnya ulama NU itu mengkriyisi oposisi dan membela Jokowi tampaknya KH Mahrif Amin adalah nama yang sudah masuk kantong Jokowi.

Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) KH Maruf Amin merupakan salah satu dari sepuluh nama yang sudah dikantongi Joko Widodo (Jokowi) sebagai calon wakil presiden. “Kiai Maruf Amin malah menjadi salah satu alternatif untuk menjembatani seluruh ‘interest group’,” kata Ketua Umum PPP M Romahurmuziy ketika ditanya tentang 10 nama bakal cawapres Jokowi di Jakarta, Selasa (10/7/2018).
Rommy, sapaan akrab Romahurmuziy, menilai Maruf Amin sebagai tokoh yang lengkap dan dipastikan akan diterima oleh semua kalangan. “Beliau (Maruf Amin, red) pemimpin tertinggi NU karena (menjabat sebagai) rais aam, (diterima) ormas-ormas Islam karena ketua umum MUI, dan penyambung lidah ke grup 212,” katanya.

Selain itu, Maruf Amin juga menguasai ekonomi karena guru besar bidang ilmu ekonomi muamalat syariah UIN Maulana Malik Ibrahim itu juga merupakan Dewan Ekonomi Syariah Nasional. “Pengalaman beliau luas karena pernah menjadi anggota DPR baik dari PPP maupun PKB,” kata Rommy. Sebelumnya Rommy mengungkapkan bahwa sepuluh kandidat cawapres sudah dikantongi Jokowi. Namun, Rommy enggan menyebutkan nama-namanya, termasuk apakah ada dirinya di antara sepuluh nama itu.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s