Menkeu: Rupiah Terpuruk Indonesia Untung 8 T. TAPI tak umumkan BI Habiskan 18,5 T Untuk Selamatkan Rupiah. Untung apa Rugi ?

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menjelaskan, pihaknya telah mengkalkulasi selisih kurs dalam target APBN dengan kondisi saat ini. Menurut dia, pendapatan negara akan bertambah Rp 8 triliun hingga akhir tahun dengan adanya pelemahan kurs tersebut. Tetapi Menkeu menyembunyikan atau tidak mengumumkan pada rakyat bahwa BI menghabiskan uang negara sebesar 18,5 T hanya untuk selamatkan rupiah.

Dalam APBN 2018, pendapatan negara ditargetkan sebesar Rp 1.894,7 triliun, dengan realisasi hingga akhir Mei 2018 sebesar Rp 685,1 triliun atau 36,2% dari target tersebut. “Pendapatan negara dengan kalkulasi sekarang, dengan kurs di semester II dan lain-lain itu, kami lihat akan 100% atau Rp 8 triliun lebih tinggi,” ujar Sri Mulyani di Gedung DPR RI, Jakarta, Selasa (10/7). Penambahan tersebut, lanjut dia, berasal dari penerimaan pajak komoditas serta penerimaan negara bukan pajak (PNBP) yang berasal dari minyak dan gas (migas). “Itu dari kombinasi PNBP dan pajak,” katanya.

Bank Indonesia telah menggelontorkan dana hingga Rp18,5 triliun untuk intervensi di pasar Surat Berharga Negara (SBN), sejak awal tahun hingga saat ini. Hal ini dilakukan untuk stabilisasi nilai tukar Rupiah terhadap Dolar Amerika Serikat (AS) yang terus tertekan. Kepala Departemen Pengelolaan Moneter Bank Indonesia (BI) Nanang Hendarsah menyebutkan, intervensi pada pasar sekunder sebanyak Rp18,5 triliun. Sementara, di pasar primer yang bukan dalam konteks intervensi BI telah mengelurkan dana Rp42 triliun. Dia menjelaskan, Bank Sentral memang membutuhkan SBN sebagai penggunaan untuk operasi moneter, baik pada pasar primer maupun sekunder. “Kami memang perlu SBN dalam rangka penggunaan untuk operasi moneter, sehingga untuk beberapa tenor ke depan akan terus gunakan banyak SBN, jadi memang kita perlukan akumulasi SBN,” ujarnya, Jakarta, Rabu (11/7/2018).

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s